Sabtu, 01 April 2017

Bedah Buku “See You Again”

16 Desember 2015 lalu, OPPK MAN 1 Surakarta mengadakan sebuah acara yang dinilai mampu menggali potensi para siswa dalam bidang wawasan kepenulisan. Acara itu tidak lain adalah Bedah Buku, dan bintangnya alias Mrs. Guestnya ialah Mbak Ajeng Arini Putri.Dalam talkshow yang berlangsung dengan durasi waktu dua jam itu, Sang penulis membedah langsung bukunya sendiri . tentu saja dengan bantuan dua orang pemuda sebagai Pembawa acara, Mereka ialah Arga Wida Prasetya dan yang satu lagi tokoh kenamaan publik MAPK, Nasrudin Rifqi.

Talkshow Bedah Buku ini hampir bisa dikatakan seperti acara TV “Mata Najwa”, karena Pembawa acara seolah menginterogasi bintang tamunya. Mulai dari masa kecil, riwayat pendidikan, hobby serta kegiatan-kegiatan yang pernah diikuti Mbak Arini Putri dikupas tuntas dalam talkshow tersebut. Perempuan yang hobby memasak dan menulis itu menuturkan bahwasannya menulis itu sebenarnya mudah, cukup butuh ketelatenan saja. “Para Penulis novel itu selalu berusaha untuk menulis walaupun sehari cuma dapet setengah paragraph, Mereka akan coba terus sampai tulisannya berhasil diimprove jadi sebuah buku yang layak baca”Katanya. Perempuan yang menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada ini juga memberi nasehat kepada para pelajar yang kepingin jadi penulis akan dua hal penting lainnya setelah ketelatenan. Tebak… apakah itu? Yaap, wawasan dan insting. Wawasan akan sangat diperlukan oleh para penulis karena segala apa yang ditulis oleh mereka ialah segala hal yang mereka baca lihat atau rasakan. Oleh karenanya membaca segala jenis buku, Jalan-jalan atau wisata, refreshing, bahkan mengingat masa-masa SMA pun jadi sangat penting bagi para penulis. Yang kedua, yaitu insting. Insting itu penting karena hal ini mempengaruhi hasil tulisan dalam segi kreativitas kata dan bahasa. “Para penulis professional itu seolah-olah punya sense dan insting yang membatu mereka untuk berkomunikasi dan menggambarkan sesuatu itu dengan nyata”. Ya, memang benar dan sangat benar. JK Rowling pun membikin novel Harry Potter –yang tentu sudah sangat terkenal itu- terispirasi dari sebuah sapu. Rowling seakan bisa berbicara dengan sapu itu sehingga ia benar-benar membuat sapu itu seakan hidup di dalam novelnya, dari situ ia dapat ide tentang sapu yang bisa terbang dan ilmu-ilmu sihir dan pada akhirnya selesailah novel fiksi  -yang jelas tak nyata- dengan  judul “Harry Potter” dan langsung meledak di seluruh dunia bahkan langsung difilmkan.

Para hadirin pun sangat antusias dalam mengikuti jalannya talkshow ini, bahkan mereka juga mengajukan banyak pertanyaan  kepada Mbak Arini. Secara keseluruhan kita bisa menilai bahwa acara ini sangat bagus. Setelah talkshow selesai, acara ini juga dilengkapi dengan hiburan berupa lagu yang dibawakan oleh DR (Duo R) yaitu Refa dan Rifqi dengan meng-cover lagu yang judulnya sama dengan bukunya mbak Arini yaitu  See You Again (Wiz Khalifa feat. Charlie Puth). Acara ini berakhir dengan penyerahan kenang-kenangan oleh Ketua Panitia, Nurudin Maarif. Dan tak lupa Jebbrettttt… sesi foto bareng Mbak Arini pun dimulai. Buat kawan-kawan yang pengen membeli buku karya mbak Arini, bisa mengunjungi Bookstore terdekat karena buku ini sudah tersebar di seluruh Indonesia. Horeee…. Dan jangan lupakan bahwa Alumni MAPK Solo juga ada yang jadi penulis lho, siapa dia? Wah siapa ya? Dialah Habiburrahman El-Shirazy dengan the biggest booknya yang berjudul Ayat-Ayat Cinta (telah Difilmkan). Dan buat Sobat pelajar yang ingin jadi penulis tetep semangat ya, janagn putus asa  dan ingat selalu nasehat-nasehat para penulis, semoga artikel ini bisa membantu kalian,

Syukran and See you…









0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.